Popular Pages

Insiden Anjing oleh Mark Haddon

Buku Insiden Anjing mengangkat seorang anak Asperger sebagai tokoh utama. Bagaimana Christopher Boone, menjalani hari-harinya, makanan khusus apa yang ia makan, perilakunya ketika menghadapi situasi tertentu. Asperger menurutku adalah kode dimana seseorang membutuhkan perilaku khusus untuk menghadapinya.
Christopher berubah ingin menjadi detektif setelah menemukan anjing piaraan tetangga seberang rumah mati tertusuk garpu taman di halaman rumahnya. Christopher bukannya takut atau apa, dia malah menghampiri anjing yang kaku berdarah itu dan duduk merengkuh anjing itu dalam pelukannya. Si empunya anjing marah-marah ketika ia melihat anjingnya sudah mati dan berada di pelukan anak seberang rumah. Nyonya Shears memanggil polisi dalam kalut dan melaporkan apa yang ia lihat. Akan tetapi polisi tidak membahasnya lebih lanjut, bahkan mengusut siapa pelaku yg tega menusuk anjing dengan garpu taman. Di sinilah Christopher mulai bertindak seperti detektif.
Aku sih waktu membaca ini bener-bener ngerasa, uhm, gimana ya, kalo aku membaca buku ini pake mindset yg self-centered, susah mencernanya. Tetapi aku segera melepaskan mindset tersebut dan melanjutkan sampai akhir, this book is great. Ini bukunya mau gak mau membuat pembacanya untuk bisa mengganti mindset mereka untuk bisa mencerna alur cerita. Yah, walaupun ini cuma fiksi tetapi gak bisa dipungkiri di luar sana banyak kejadian yang lebih aneh dari yg di buku ini dan benar-benar terjadi. Penulisnya sendiri bilang kalo buku ini, ".....about seeing the world in a surprising and revealing way."
Anak asperger, seperti yang kalian mungkin ketahui, butuh penanganan khusus. Mereka memiliki pemikiran sendiri. Si Christopher hanya makan kacang polong dan wortel yang diletakkan dipisah untuk makan malam. Kalau ada satu kacang yang menempel dengan wortel, dia bisa kehilangan nafsu makan. Mungkin bagi orang awam, ih salahnya gak doyan, makanya jangan suka milih makanan. Man, it's got nothing to do unless you are an asperger person. You might want to check google to read more about asperger.
Christopher butuh orang seperti Siobhan, mentornya di sekolah, untuk bisa menjadi teman sekaligus guru bagi dirinya. Christopher ini termasuk susah untuk dikendalikan, ia butuh teman yang bisa merespon dengan cocok terhadap pertanyaan-pertanyaannya terhadap hal-hal yang mencuri perhatiannya sehingga ia merasa ia bisa bercerita apa saja dengan nyaman. Seperti halnya kita semua, tetapi aku merasa aku tidak bisa begitu dengan sembarang orang. We're born in different family with different background and goals. I need an open-minded badass soulmate to keep me sane. Untuk kasus Christopher, ia butuh orang yg lebih tua yang bisa membuat dia aman, nyaman, dan menghargai kemampuannya. Christopher ini diceritakan sebagai anak 15 tahun yang mahir komputer dan suka memecahkan soal matematika. Banyak orang di buku ini yang meremehkan kemampuannya sehingga ia frustasi. Terbukti penyayang binatang juga karena ia merangkul anjing yang sudah mati tanpa ragu-ragu, siapa tahu si anjing bisa berkurang rasa sakitnya (I think it's cute).

Novel ini aku temukan di dalam kontainer tanteku yang suka membaca buku di rumah. Kalian kalau mau membaca, bisa mencari di toko buku dengan sampul pink cerah mencolok, novel karya Mark Haddon. Novel aslinya berjudul "
Curious Incident of the Dog in the Night-time".



Playlist:
2NE1 - Happy
Lana Del Rey - Blue Jeans
Ed Sheeran - Sing
f(x) - Daddy

Tidak ada komentar: