Popular Pages

go go shiing~


Dua minggu yang lalu, aku dan ibu menghabiskan weekend di Jogja. Hari Sabtu kami berangkat ke Jogja. Hari Minggu (niatnya) kami pulang. Well. Ternyata kami keabisan tiket dan baru bisa balik hari Senin. Kami pergi ke Jogja gak sekedar menyusuri Malioboro kali ini. Well, of course kita gak melewatkan jalan-jalan ke Malioboro hihi. Btw, aku dapet banyak gelang, baju Malioboro, dan kaos Jogja. Hari Minggu kami ikut cave tubing ke Goa Kalisuci. Awalnya sih, ibu rencananya kami pergi sendiri naik motor ke tempat cave tubing yaitu di Goa Pindul. Hhhh, untunglah, ibu nemu ada satu grup yang nawarin cave tubing paketan ke Goa Kalisuci. Jalannya dari Jogja ke Goa Kalisuci? Ugh. Bayangin aja, Goa Kalisuci tuh di daerah Gunung Kidul. Waduh gak kebayang deh kalo naik motor sendiri.

Cave Tubing adalah sejenis olah raga petualangan dengan menggunakan ban dalam, menghanyutkan diri, sambil menikmati indahnya goa di sungai bawah tanah didalam kegelapan dan hanya diterangi head lamp.

Anyway, rombongan kumpul di bundaran UGM jam tujuh tapi berangkatnya molor. Yah, kebiasaan. Sampai di Goa Kalisuci sekitar jam sepuluhan lebih. Ngulet-ngulet sebentar, naruh barang-barang di base camp, abis itu grup pertama (terdiri dari kira-kira 20 orang) langsung mengarungi goa. Uuu yeah. Untung banget dapet grup pertama. Totalnya ada 5 grup. Gak kebayang, cengo banget yang masuk grup kelima, nungguin giliran. Kira-kira jarak antar grup itu ada sekitar 20 menit. Lumayan kan tuh.
kamera aquapix (namanya Yoong)

Nah, untuk wisata air ini, kamera aquapix yang selama ini nganggur akhirnya bisa dapat kesempatan untuk dipakai. Hahahaha, waktu fotonya jadi ternyata banyak yang gak kelihatan. Ternyata nih kamera harus ngambil di bawah matahari langsung biar fotonya jadi. Yah, Jadinya yaaaa foto yang waktu cave tubing gak semuanya jadi. Miris. 
masuk ke dasar goa

sungai


ibu
Jadi, rombongan dibawa menyusuri jalan berbatu kemudian turun ke jalan yang berkelok-kelok menuju Goa Kalisuci. Jadi, kan menyusuri goa di sungai bawah tanah tuh. Nah, kami harus melalui jalan turun yang lumayan panjang untuk sampai di mulut goa. Satu per satu diberi ban gede dan pelampung buat menyusuri sungai. HA! Sudah lama gak main air. Enak juga nih kegiatan main air sungai ini. Ada sekitar 2 - 3 pendamping untuk tiap grup yang nantinya mengawal dari awal sampai akhir karena di sini gak terlalu banyak sungai dengan arus deras. Nah, kita sendiri aja naik di atas ban. Bukan 'naik ban' kayak waktu renang lho ya. Jadi badan kita terlentang di atas ban yang ada tali-tali bersulur di dasar ban. Selama perjalanan ini, pemandangannya bagus. Di dalam goa, terdapat kelelawar yang memang idup di dalam goa. Kalo dilihat dengan saksama terdapat stalaktit dan stalakmit juga lho di dalam goa. Tapi hawanya gak dingin-dingin amat sih. Aku terlalu amazed sama goanya jadi gak inget hawanya kayak gimana, hehe. Sepanjang perjalanan, kami gak melulu di dalam goa. Ada dua kali masuk goa kayaknya, sisanya menyusuri sungai. Sayangnya, kamera aquapix ini gak bisa mengambil gambar dengan bagus. Hhh~ Sebenarnya dari panitia ada sih yang motoin pake DSLR biar ntar bisa minta dalam bentuk soft files. Tapi yaa, aku sendiri emang belum ngambil sih. Hehe. Mungkin hasilnya lebih bagus. 
Selesai menyusuri goa.. Nah ini. Di awal perjalanan kan kami ambil jalan turun kan. Nah sampai di ujung sungai satunya, kami harus naik buat nantinya balik ke base camp. Gile cing, buat yang jarang hiking nih kayak kebanyakan orang di rombonganku, pada melongo harus menyusuri jalan naik ini. 75 derajat, man! Thanks to my young joint, hihihi. Wooo yeah!

Nyampe di base camp, bersih-bersih badan dan dipersilakan untuk menyantap makanan khas Gunung Kidul. Ada tiwul. Errr yang lain aku gak begitu paham ada makanan apa lagi. Kayaknya ada gatot. Panitia memang menyediakan makanan khas Gunung Kidul karena yah, kapan lagi mampir ke GK dan wajib banget nyobain makanan khas di sana. Selain itu, disediakan semangkuk bakso dan teh hangat! Wuih, ini nih makanan favorit. Abis basah-basahan main air goa, trus makan makanan hangat. Alhamdulillah yah.
Sekitar jam dua lebih, kami pergi dari GK menuju pantai Indrayanti. Memang di jadwal perjalanan rombongan disempatkan mampir ke pantai sebelum balik ke Jogja. Sampai pantai, kami punya waktu satu jam untuk mainan di sekitar pantai. Pantai yang memang udah ramai, tambah ramai dengan kedatangan rombongan kami. Hahahaha, rombongan sempat foto di pinggir pantai dan terlihat banget pada narsis. Geli sendiri. Kami ini gak kenal satu sama lain tapi kalo soal foto, kompak! Hahaha. Sisanya aku main sendiri sama ibu. Pemandangan pantainya keren! Apalagi matahari udah di ufuk barat gitu. Tinggal nunggu sunset. Mau ngambil foto tapi gak nemu angle yang pas, bisa menggambarkan keindahan pantai Indrayanti gitu. Kurang lebih kayak ginilah.



Hampir setengah enam gitu melanjutkan perjalanan balik ke Jogja. Yahoo! Pulang juga akhirnya. Abis mandi, langsung tepar sampai besok paginya. 
Semoga besok ada kesempatan lagi ke wisata (air) lainnya!

currently listening:
Good Time - Owl City ft Carly J
f(x) - Chu
SHINee - Run with Me
SNSD - All My Love is for You

Tidak ada komentar: