Popular Pages

Geron


Weekend minggu lalu, kelas Gerontologi berkunjung ke Panti Wredha Abiyoso di Jogja tepatnya di daerah Pakem. Tempatnya bersih dan bagus. Ada 14 paviliun masing-masing ditempati 5 penghuni yang ada taman kecil di depannya.
salah satu paviliun

lapangan depan


Kunjungan ini tujuannya untuk lihat gimana sih keadaan para kakek dan nenek yang tinggal di Panti Wredha secara langsung. Kami dibagi menjadi kelompok yang terdiri dari dua orang untuk wawancara salah satu penghuni panti. Karena di kelompokku cewek semua, kami memilih seorang nenek sebagai subjek. 
Nenek H, subjek kelompokku, asalnya dari Semarang. Wah, Nenek H dibujuk oleh salah seorang kenalannya untuk pindah ke Abiyoso ini karena di rumah tidak ada yang menemaninya sedangkan usianya sekarang sudah 70 tahun. Nenek H bersedia karena memang rumah yang selama ini ia tinggali adalah rumah kontrakan dan Nenek H tidak lagi kerja, maka pindahlah ke Abiyoso setahun lalu. Kondisi fisiknya, yaaa, sebagaimana lansia umumnya. Jalannya harus pelan-pelan dan badannya kurus hingga tulangnya terlihat menonjol di balik kulitnya. Tapi senyum lebar selalu tersungging di wajahnya. Bahkan pada para mahasiswa yang lalu lalang, Nenek H selalu menyapa (duluan) dengan (sangat) ramah. 
Setelah 14 menit berlalu, kami menyudahi wawancara. Kami mengucapkan terima kasih karena Nenek H menyanggupi untuk diwawancarai. Nenek H juga membalas terima kasih karena udah dijenguk, "...sama cucu-cucuku," sambil menyentuh tanganku dan Muti, teman sekelompokku. Walaupun tidak disebutkan, tetapi tersirat kalau Nenek H ini kesepian. Juga dari percakapan teman-teman lain, subjek mereka pun rata-rata juga ngucapin kalo mereka kelihatan seneng banget (ecstatic) didatengin sama mahasiswa-mahasiswa. Hmm, kami juga seneng kok punya kesempatan main ke Abiyoso :D


pemandangan dari jendela bis

nenek-nenek juga suka dipoto



Sorenya, kami main ke Malioboro. Yesh! Aku dapet celana panjang batik (biru tua, yahoo). Saat itu masih ujan deres. Aku sempetin mampir mini market buat beli minuman hangat, tiramisu coffee ^^/  Abis itu jalan lagi menyusuri Malioboro. 


kaos untuk oleh-oleh

mainan, gantungan kunci, tas

aksesoris

dream catcher

currently playing
Begin Again - Taylor Swift
Shojo Jidai - Flower Power

Tidak ada komentar: